Tantangan Puasa Bagi si Kecil di Negeri Minoritas Muslim

Assalamu'alaikum wr wb,
Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT dan shalawat kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Ini hari ketiga ramadan di New Zealand, berbeda dengan di Indonesia yang sudah sehari lebih dulu menjalankan ibadah puasa, karena eh karena hilal nya baru kelihatan hari senin kalo di bumi New Zealand, naaaah laluuuu cuma mau bilang alhamdulillah banget kami diberikan kemudahan untuk menjalankan ibadah puasa di negeri ini, lah kenapa emangnnya? mau tau kenapa ? karenaaa ada 3 faktor menurutku yang bisa banget menjadi indikator betapa kami beruntungnya berpuasa disini :

  • Ternyata di New Zealand ini, merupakan negara dengan waktu terpendek dalam menjalankan ibadah puasa, yaitu 11 jam sekian menit lah (kurang lebih)
  • Cuacanya yang ademmm banget , angin sepoi dingin gitu karena sedang musim gugur sangat memudahkan kita banget dalam menjalankan puasa jadinya gak cepet haus 
  • Gak berseliweran jajanan pasar or warteg yang suka pake tirai setengah gitu loooh kaya di indo ( hihi ya iyalah yahhh mana ada beginian dimarih :D)



Nah, jadiii kalo ibadah ramadan kita gak optimal di negeri rantau yang satu ini, rasanya kebangetan deh ( ini lagi ngomong ke diri sendiri nih :D ), karena coba bayangkan nikmat banget rasanya gak banyak godaan saat menjalankan puasa, patut bersyukur tiada henti ini sih judulnya.



Buat kita orang dewasa, itu dia wajib beeet lah untuk mempersembahkan amalan yang terbaik saat ramadan di New Zealand, karena kudu 'ngaca' nya itu liat di negara lain ada looh yang puasa ampe 20 jam dengan kondisi cuaca yang hangat menjelang panas gitu, kan jadi malu banget yah kalo harus compare ke negara tersebut.

Nah lalu gimana dengan si kecil pada saat ramadan begini? ini nih yang seru untuk dibagikan kisahnya, karena aku punya pengalaman dengan anakku saat usia 5,5 tahun , lalu 6,5 tahun lalu 7,5 tahun, dan itu artinya aku sudah mau 3 kali merasakan ramadan di negeri ini, masyallah waktu berasa cepeet banget, wusssh wussssh secepet itu kah:(, semoga banyak keberkahan di dalam setiap detik yang kami lalui, amin.

Setiap fase usia pasti berbeda-beda ritme pemahaman akan sesuatu, sama seperti mengajarkan tentang puasa itu ke kakang ( masih inget laaah yaa yang aku menyebut kakang itu ke anakku, bukan ke suami looh, karena berkali kali kalo di instagram or FB or misal lagi ngobrol suka pada gagal faham, dikiranya kakang itu sebutanku ke suami hihi, kalo ke suami sebutlah dia babah --> info ini penting gak penting sih :D ).

Ada juga saat dimana di awal - awal pengenalan puasa itu saat usia 5 tahun ,masih suka berhenti di tengah hari karena kehausan lalu dilanjutkan lagi berpuasa, ini adalah fase pelatihan juga untuk sang anak.

Saat usia 5,5 tahun dan 6,5 tahun, 'reward' adalah sesuatu yang dijadikan 'daya tarik' , meski sampai usia 7,5 tahun ini masih berlaku juga, hanya makna 'reward' nya agak berbeda. 'Reward' sebelum 7,5 tahun itu bentuknya beneran ke materi banget, alias sesuatu yang gampang untuk dicerna, seperti yuu kang belajar puasa nanti amih beliin mainan ya nak. Nah saat 7,5 tahun ini menurutku agak berbeda karena kakang sudah mulai bisa diajak diskusi lebih terarah akan pemahaman puasa, meski tetep makna 'reward' itu sendiri masih hadir untuk melengkapi hari hari ramadan nya :)

So, tantangan nya apa donk untuk anak yang puasanya di negeri minoritas muslim? tantangan nya adalah :

Bekal Makanan

Di sekolah itu kan wajib bawa bekal setiap hari, dan jenis bekal pun ada brain food ( camilan sehat di pagi hari ) lalu ada lunch time ( agak berat dikit lah ya ) dan kadang kalo buat anakku selalu aku selipin camilan setelah keluar sekolah, secaraa kan yah sang anak gak bisa langsung pulang ke rumah, nyaris setiap hari minta bermain dulu di playground kah or di park kah dan setelah itu dia akan bertanya ada makanan apa mih?, artinya ini tantangan paling beradddd, lebih berat dari rindu yang dirasakan dilaaan deh ( tau kan yah film dilan, menurutku dia belum tau rasa nahan puasa bagi sang anak saat di negeri rantau itu lebih berat dari sekedar rinduuuu :D ), karena kalo di indonesia kan mayoritas muslim, jadi ibaratnya puasa nya barengan jadi berasa banyak temennya kan ya, nah laluuu solusinya apa donk? belajar dari tahun-tahun sebelumnya kita harus mengkomunikasikan terkait datangnya bulan ramadan ke pihak sekolah, bahwa anak akan berpuasa, so dengan hal ini, alhamdulillah pihak guru dan sekolah memberikan option bahwa sang anak saat waktu makan itu tadi boleh berada di satu ruangan untuk bermain bersama muslim lain yang berpuasa, tapi jika si anak dirasa mampu tetep menjalankan puasa boleh stay bareng dengan teman temannya.

Cuaca yang mulai dingin

Kalo cuaca dingin, kira kira si perut itu gampang laper kan ya? nah itu juga kejadian sama sang anak, nah ini harus dikomunikasikan jauh-jauh hari tentang kebulatan tekad dan superpowernya kata NIAT. Dan juga betapa pentingnya makna sahur. Ibu-ibu pasti lah semua sama mengalami masa sulit saat puasa adalah membangunkan anak saat sahur, karena rasa kantuk yang luarrr biasa sekali, disini pun kita harus punya tips gimana sih bisa membuat mereka tertarik ber sahur, dari mulai kita kasih tau bahwa keberkahan puasa salah satunya ada saat kita bersahur, lalu diimingi dengan sambil memainkan mainan favoritnya dan strategi jitu lainnya.

Males Bangun Sahur

Sebenernya untuk yang satu ini, terjadi dimanapun dan sama siapapun kan hihi, tak terlepas kakang kecil, tapi seringkali kujelaskan bahwa keberkahan puasa itu salah satunya ada di saat bangun untuk bersahur. Menurutku setiap orangtua pasti punya trik sendiri supaya anak mau bangun, entah kita semangati ia dengan yuu nanti sambil main yuu, atau sambil nonton film favoritenya sang anak dan hal - hal yang menarik perhatiannya. Dan jangan lupa juga untuk selalu bertanya tentang makanan apa yang ingin disantap si kecil saat bersahur.

Pertanyaan yang sering muncul saat anak berpuasa :

Wow, anak kamu ikut puasa juga? tapi bisa minum kan? 
Wah, anak kamu itu masih masa tumbuh kembang, gimana bisa seharian tidak makan dan minum, lalu energi nya darimana?
Are you sure, yanti? is he will be OK while fasting? *celetuk beberapa guru
dan beberapa pertanyaan polos juga dari temen-temen kakang, kenapa kamu puasa habibie? apa sih arti puasa buat kamu?

wah wah ini menurutku jadi ajang introduce tentang agama kami :) kalo bahasa kita itu bak syiar islam di negeri minoritas muslim ini.

Jadi aku menjelaskan semua alasan kenapa kita harus berpuasa? dan kenapa anak kecil pun melakukan puasa? selintas dalam fikiran dan benak mereka pasti begini, kamu tega ya anak kamu gak makan dan minum? hihi

Kalo dulu puasa di negeri tercinta rasanya tantangan lebih ke arah menahan haus dan lapar tapi disini tantangan adalah mengenai memperkenalkan bahwa islam itu rahmatan lil'alamin, bahwa sejak kecil kami diajarkan nilai-nilai yang baik melalui berbagai rangkaian ibadah.

Jadi, aku jelaskan ke banyak orang yang selalu bertanya bagaimana bisa kita bertahan tidak makan bahkan minum seharian? lalu ku menjelaskan dengan bahasa yang semoga mudah diterima, bahwa kita hanya mengatur kapan jadwal makan dan minum kita yaitu di waktu sahur dan waktu berbuka, lalu kukatakan bukankah kalo kita semisal kena penyakit yang mengharuskan operasi, pasti dokter menyarankan untuk berpuasa bukan? nah kenapa coba? karena tubuh kita harus diberikan waktu istirahat sesaat dari aktivitas makan dan minum. Dan kujelaskan puasa itu bukan soal aktivitas fisik saja, tapi juga di puasa kita diajarkan banyak hal, contoh sepele kenapa anak anak diajarkan berpuasa supaya tumbuh rasa empati mereka dan semakin menghargai hidup yang sudah mereka miliki dengan hidup yang alhamdulillah bisa dibilang layak.

Lalu seringkali setiap mereka menanyakan hal berbau agamaku (bukan hanya puasa) mereka akan selalu semakin kritis bertanya :D, dan tidak jarang mereka takjub dengan agamaku, masa sama Tuhan saja sehari minimal ingat 5 kali sih? maksudnya shalat hihi

Celetukan sebelum tidur dari anakku aja tentang puasa ini banyak banget, dia bilang mih temen aku bilang buat apa puasa? aku jawab aja kalo puasa itu nanti kita akan dikasih 'reward' alias pahala besar dari Allah, iya kan mih? lalu sederetan kisah semangat si kecil menjelaskan tentang puasa versi dia. Dan sering juga si kecil bilang kata guruku aku hebat koq bisa menahan haus dan lapar saat teman-temanmu makan dan minum dekat mu? dan aku bilang aja mih, kan aku udah niat berpuasa jadi aku bisa menahannya :), yeay welldone nak.

Tips mengajarkan berpuasa dan makna nya untuk sang anak versi ku adalah :

Sounding Kehadiran Ramadan Jauh-Jauh Hari

Dimulai dari sebulan menjelang ramadan kita udah mulai kasih tau ke anak, wah ramadan seru banget deh nanti akan segera tiba, jadi anak udah ngeh dan berharap di alam bawah sadarnya pun merespon akan hal ini. Jadi gak kaget banget, laluuu usahakan sang ibu udah mulai coba in puasa sunnah juga mau sekali or dua kali kek atau biasanya ibu-ibu kan banyak 'utang' puasanya, nah jadi anak sudah mulai merasakan 'aura' tentang puasa, seperti kakang, mih puasa ya? iya kang, kan sebentar lagi mau ramadan jadi amih harus latihan, dan bahkan beberapa kali kakang bilang aku mau juga puasa mih biar dapet pahala. Meskipun cuma niat doank sih yah nak, gagal maning coba latihan puasanya, tapi kan niat baik tetep udah dicatat sebagai 1 kebaikan.

Nah diusia ini 'reward' yang tadi aku bilang bahwa anak udah mulai familiar dengan kata pahala, awalnya kan di usia dibawah 7 tahun fahamnya 100 persen 'reward' itu adalah berkaitan dengan sesuatu yang nampak, seperti dibeliin mainan dll.

Membuat Jurnal Ramadan untuk Sang Anak

Ini jadi salah satu hal jitu juga menurutku yang bisa disiapkan oleh kita, agar hari-hari di ramadan berasa bermakna buat sang anak. Kita juga sebagai orang dewasa pasti deh akan lebih bersemangat kalo goals/tujuan nya jelas dalam melakukan sesuatu. Nah sama dengan sang anak, kalo ada target yang dituju jadi lebih berbinar.

Berikan informasi terkait manfaat berpuasa

Jika anak sudah mulai bisa diajak diskusi seperti usia kakang saat ini, dia sudah mulai memahami, bahwa ramadan bukan hanya menahan haus dan lapar, tapi lebih dari itu, bahwa di bulan ini adalah bulan untuk mendidik kita menjadi lebih berempati, kita kasih cara berpikir logis, nak, puasa itu enak ga? ngga mih karena haus dan lapar, nah nak bisa dibayangkan jika banyak sekali orang yang kurang mampu menahan rasa haus dan lapar karena tidak memiliki uang, jadi kakang sekarang kakang faham yah nak bahwa kita harus bersyukur dengan keadaan kita ( intinya kasih bahasan sesederhana mungkin yang difahami oleh anak, karena setiap ibu pasti tau bagaimana menyampaikan sesuatu yang mudah difahami anak ).

POIN penting, Selalu Berdo'a agar Allah memudahkan anak kita menjalankan puasa

Karena setiap do'a do'a yang dipanjatkan oleh orang tua untuk anaknya, mampu merubah banyak hal, begitu juga untuk satu ini semoga Allah yang Maha Baik memudahkan anak kita untuk bisa berpuasa, apapun itu tantangan nya.

Sekiranya itu beberapa hal yang bisa disampaikan mengenai berpuasa di negeri minoritas untuk kami, sekali lagi alhamdulillah penuh rasa syukur atas segala kemudahan yang Allah berikan.

Mari kita hidupkan hari hari ramadan berikutnya menjadi lebih baik, amin

Semangat yaaa buat smuaaa mooooms, sesemangat aku yang baru belajar blog, ntah kenapa tulisan pertama di blog ku hilang, jreeeeng jreeeeeeng (maaf kalimat penutupan sedikit curhatan dari sang amih :D, artinya harus menulis ulang tulisan di 2 mei tapi kan yah udah lupa juga :D) , do'akan aku yaaa yang kudu menulis ulang :p

Lalu kakang kecil seakan berkata, Ya Allah mudahin amih nulis ulang blog pertamanya lagi ya Allah "hihi becanda dink, ini foto nemu waktu kakang usia 3,5 tahun" rabbi habli minasshalihiin


                                                                                                  salam keluarga rantau








Komentar

  1. Balasan
    1. Yang hebat itu yang komen...karena dirimuuu gtu loh aku banyak belajar...bu ketu kesayangan akuuu😘

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlu kah Kata Santai dalam Kamus Sang Emak?

Merantau di Auckland

Kado Ultah Istimewa dari Si Kecil