Optimalkan Saja Peranmu.....

Good Morning Universe....




Wilujeung enjing waktu Auckland, NZ. Selamat pagi dan semoga tidak lupa untuk selalu mampu mengucapkan kata syukur, alhamdulillah masih bisa membuka mata di pagi hari, alhamdulillah masih bisa menghirup udara pagi, alhamdulillah masih bisa melihat muka suami dan anak, alhamdulillah atas segala nikmat sekecil apapun yang kadang luput dari kata syukur.

Setelah kerempongan dipagi hari, harus memikirkan sarapan apa yang akan membuat si kecil lahap saat menyantapnya? bekal makanan apa yang harus kusiapkan untuk si kecil di sekolah nanti dan kegiatan yang hampir sama setiap harinya, kegiatan yang kadang sangat tidak terlihat hasilnya tapi sungguh ini memakan waktu cukup lama.

Aku sering banget berusaha 'berbicara terhadap diri sendiri' mengenai semua rutinitas yang dilakukan. Kadang merasa seperti tidak melakukan apa-apa padahal koq waktu udah tiba-tiba mau 4 tahun aja aku ada di negeri rantau ini.

Seringkali aku mengingat perkataan mamaku, yanti tong hilap mun nuju cuci piring bari dzikir, luruskeun niat ka ALLAH, upami yanti nuju naon weh sadayana oge ibadah moal aya anu sia-sia (artinya yanti, jangan lupa kalo pas cuci piring sambil dzikir, sambil luruskan niat karena ALLAH, kalo ngapai aja inget smua akan bernilai ibadah, jadi gak ada kata sia-sia).

Yaa...itulah Mamaku, shalehah berhati baik nan lembut, yang selalu bisa berbaik sangka, yang selalu tersenyum dalam setiap melakukan kegiatan apapun, yang selalu ikhlas mengabdi terhadap suami dan anak-anaknya, pokoknya kalo harus menjabarkan sosok mama dan sosok papa ga ada kata yang mampu mewakili ketakjubanku pada keduanya, dan selalu aja kalo membicarakan ini aku tuh sensi, langsung bisa meneteskan airmata :(, smoga Allah selalu menjaga kalian dalam kesehatan yang penuh keberkahan hidup. Amiin

Maka optimalkan saja peranmu saat ini. Kira-kira itulah kalimat yang selalu mama dan papa ingatkan.

Jika kamu adalah ibu rumah tangga, maka disitu letak ladang amal yang tiada terkira, jika saat ini kamu adalah seorang anak maka jadikan setiap harimu bernilai ibadah, jika saat ini kamu harus menjadi seorang ibu yang mengurus anak,suami dan sekaligus harus bekerja, maka jadikan hari harimu senantiasa bernilai kebaikan, dan jadi apapun saat ini makaaa optimalkan saja peranmu dengan selalu meluruskan niat.

Terlihat sangat mudah untuk diucapkan atau aku tuliskan kalimat diatas, tapi butuh KESADARAN diri setiap detik untuk selalu meluruskan niat.

Kadang sering sekali menatap kehidupan orang lain rasanya lebih indah dari apa yang kita lakukan saat ini, maka jangan pernah membandingkan hidup kita dengan orang lain, karena kita 'ngga' pernah tau bagaimana cerita dibalik kehidupan seseorang.

Maka jadilah sosok bahagia untuk selalu menjadi dirimu saat ini dengan rasa syukur.

Tulisan aku kali ini, adalah menyemangati diri sendiri dan berusaha menyelami di subuh hari ini bahwa kita harus selalu semangat menatap hari, JADILAH DIRIMU DAN BERIKAN YANG TERBAIK SEMAMPU MU (untukmu, untuk keluargamu, untuk agamamu, untuk sesamamu untuk semesta dan .....untuk semua hal di sekelilingmu).

Lalu apa yang aku lakukan untuk selalu berusaha menyemangati diri sendiri?
  • Harus ada TARGET..
  • Harus ada TUJUAN 
  • Harus Konsisten
  • Dan Evaluasi Diri
yeap, gak usah mikir panjang dan jauh-jauh dulu, aku selalu berusaha bikin target harian, kira-kira besok mau ngapain aja ya? 
Karena jadi ibu-ibu itu kan kerjaan non stop nya banyak tuh, maka kalo dibuat target harian aku tuh biasanya lebih bersemangat. Misal hari ini wajib bersihin kulkas, hari besok wajib beresin ini itu, dst.

Kutulis di buku agenda , meski jujur sering banget meleset, tapi aku gak pernah kapok bilang ke diri sendiri, oke minggu ini akan lebih baik dari minggu lalu, tulis lagi semua keinginan harian tadi, target harian tadi, terus nanti tiba-tiba aku gak konsisten, lalu aku ulangi lagi dan begitu seterusnya.

But so far, aku jadi lebih bersemangat menikmati hari-hari karena seperti jelas aja gitu bahwa hari ini banyak banget aktivitas yang dilakukan, setelah beres aku lakukan ceklis mana yang done mana yang pending dst.

Kadang ada target yang aku buat mingguan dan bulanan, which is ini bukan tentang diri ku aja ya, tapi aku juga merumuskan beberapa hal target bareng suami dan anak, niatnya adalah bertumbuh bersama dalam tujuan yang lebih baik, dan semoga jadi nilai ibadah.

Nah jangan lupa selalu usahakan ada evaluasi diri baik harian or mingguan or bulanan, ini tergantung kita ya.

Intinya cuma kita yang tau bagaimana bisa MEWARNAI hari-hari kita menjadi hari-hari yang penuh SEMANGAT dan kebahagiaan.

Selamat menikmati hari ini ....

Bismillah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlu kah Kata Santai dalam Kamus Sang Emak?

Tips Ngajar SERU Anak SD Selama Lockdown di New Zealand

Rasa Rantau di Selandia Baru